Jumat, 31 Januari 2020

DESTINASI WISATA MALUKU

MALUKU

    Maluku adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia.
    Ibukota maluku adalah Ambon. Dan Gubernur maluku sekarang adalah murad ismail beserta Wakil gubernurnya yaitu Barnanas orno.
    Letak geografis, Provinsi Maluku berbatasan dengan Provinsi Maluku Utara di bagian Utara, Provinsi Papua Barat di bagian Timur, Negara Timor Leste dan Negara Australia di bagian Selatan, serta Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah di bagian Barat dan memiliki jumlah penduduk 1.744.654 jiwa dengan kepadatan 8,33/km2(2,160/sq mi)
(Source:wikipedia & http://www.dpmptsp-maluku.com)

    Pulau Maluku memiliki iklim monsoon tropis iklim ini sangat dipengaruhi oleh keberadaan laut perairan yang luas dan berlangsung seirama dengan musim climatc sana. Suhu rata-rata berdasarkan stasiun Meteorologi di Ambon, Tual dan Saumlaki masing C 26,80, 27,70 C dan 27,40 C. Suhu minimum masing-masing 24,00, 24,70 C dan 23,80 C, sedangkan suhu Tual, kelembaban rata-rata mencapai 85,4% ketika merekam Saumlaki Stasiun Meteorologi menunjukkan kelembaban rata-rata adalah 80,2%.
(Source:http://sifataru.atrbpn.go.id)

Maluku memiliki beragam budaya dan adat istiadat yaitu diantaranya dalam budaya ada (Budaya Kalwedo,Budaya Hawear,Sasahil Dan Nekora) dan mulai dari alat musik diantaranya yaitu: (Tifa,Korno,Arababu) dalam bahasa ada (Wemale,Alune,atiahu), tarian ada (Tari Lenso,Tari cakalele,Tari poco poco) hingga seni yaitu diantaranya: (saloi,Parang dan Salawaku).
(Source:wikipedia)



Gambar umum maluku

Potensi Wisata Di maluku
A.Wisata Alam

Pantai Pintu Kota Ambon

(Foto : paquita anggasta)/Google maps.
Pantai Pintu Kota Ambon, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.
    Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan termasuk jenis pantai yang berkarang dan berbatu. Di pantai ini terdapat sebuah tebing yang menjorok ke laut dan berlubang di tengahnya. Lubang tersebut uniknya berbentuk seperti sebuah pintu gerbang. Tebing dengan lubang berbentuk pintu gerbang inilah yang menjadi ikon pantai ini. (Source: utiket.com). 

Taman nasional manusela

(Foto : Ferdian Octa Dinata )/Google maps 
Manusela, Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
    Sebagai salah satu Taman Nasional yang terindah di Indonesia,Kawasan Taman Nasional Manusela yang mencakup 20 persen dari keseluruhan luas Pulau Seram. Di sini terdapat Gunung Binaya yang merupakan puncak tertinggi di Maluku. Sebagian besar kawasan ini memiliki lereng yang sangat terjal dengan lembah-lembah yang dalam. Paling tepat menikmati keindahan lembah ini dengan menggunakan kapal ketinting nelayan dan menyusuri pinggir lembah. (Source:Tnmanusela menlhk)

Pantai sambunyi

(Foto : Husry Hatakhe )/Google maps
Pulau Asutubun, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.


    Pantai sambunyi terlalu luas, namun memiliki air biru jernih yang memikat hati. Air biru tersebur diapit oleh tebing tinggi yang menghalangi sinar mentari.

    Ditumbuhi pepohonan rindang pada sisi belakang pantai, kamu dijamin betah berlama-lama di tempat ini. Sempurna untuk dijadikan sebagai spot berfoto dan pastinya Instagramable!

B.Wisata Budaya

Museum Siwalima


Museum siwalima

  Museum siwalima adalah Salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk mempelajari adat istiadat rakyat Malukudi Ambon adalah Museum SiwalimaMuseum Siwalima terletak di kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Museum ini didirikan pada tanggal 08 November 1973, namun diresmikan pada tanggal 26 Maret 1977.
    Objek wisata yang satu ini merupakan tempat peninggalan benda-benda bersejarah, namun bangunan museum ini berada di atas bukit yang menghadap Teluk Ambon dengan keeksotisannya yang akan membuat kita terpesona jika kesini. (Source : https://ksmtour.com)
Atraksi Pukul Sapu Lidi.
Atraksi Pukul Sapu Lidi, yang dimainkan oleh anak-anak pada karnaval budaya Morella
    Di Negeri Morella wisata budaya yang juga memiliki daya tarik tersendiri. Wisata budaya ini, dilaksanakan setiap setahun sekali. Selain itu, di Negeri Morella, juga bisa kita nikmati wisata sejarah yang unik.Tradisi budaya tahunan ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat, salah satu kegiatan yang ditampilkan adalah tradisi adat Atraksi Pukul Sapu Lidi di negeri morella.
    Dalam karnaval tersebut, para peserta memperlihatkan keterwakilan dari semua unsur yang ada di Morella. Mulai dari nama marga, replika rumah pusaka, budaya perkawinan, pertunjukan, tari-tarian adat dan lain-lainnya.

C.Wisata Buatan

Jembatan Merah Putih 


 (Foto : Ade Prakasa Putra )/Google maps
(Foto : Dede Diaz Abdurahman )/Google maps 
Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Maluku
    Jembatan Merah Putih adalah Jembatan kabel pancang yang terletak di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. Jembatan ini membentangi Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau pada sisi utara, dan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia Timur, menjadi bagian dari keseluruhan tata ruang Kota Ambon. "Sejak diresmikan pada April 2016, jembatan ini kini menjadi ikon wisata Ambon,". Tak perlu ke pantai ataupun bukit untuk melihat pemandangan seindah itu. Di Ambon Anda bisa melihatnya di kota, bahkan di perjalanan dari Bandara Pattimura hingga pusat Kota Ambon.

Benteng Belgica

Banda neira,Nusantara,Banda,Kabupaten maluku tengah,Maluku

Benteng Belgica dibangun pada abad ke 16 oleh bangsa Portugis,menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan oleh VOC.Dan mulai terbengkalai pada tahun 1995,kondisinya kini Benteng Belgica kian eksotis dan cocok jadi latar belakang foto yang cantik atau sekadar jadi objek foto aja. (Credit:http://Lifestyle.okezone.com)

Istana Mini


Dwiwarna Village, Dwi Warna, Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.
(Foto : Jan Hettler )/Google maps
    Karena ukurannya lebih kecil. Karena itu disebut sebagai Istana Mini.dibangun pada tahun 1622. Dulunya bangunan ini digunakan Belanda sebagai kantor administrasi pemerintahan serta kediaman resmi gubernur dan residen yang memerintah di Banda. Di samping Istana Mini, kalian bisa menemukan Rumah Gubernur VOC. Di rumah inilah gubernur VOC dahulunya menetap dan mengurusi monopoli perdagangan rempah di Banda.(credit: detik.com)

WHAT TO DO DI PANTAI
1. BERMAIN PASIR
2. BERKUDA
3. SNORKELING
4. BERMAIN LAYANG-LAYANG
5. BERJEMUR
6. BERMAIN OMBAK
7. BERSELANCAR
WHAT TO DO DI TEMPAT WISATA BUDAYA,Bisa melihat/menonton apa yang ada di dalam musium dan bisa melihat tarian&atraksi tradisional di kota maluku.
WHAT TO DO DI TEMPAT WISATA BUATAN
Menjadi mengetahui tempat sejarah seperti istana mini,benteng belgica dan bisa juga melihat pemandangan dari jembatan merah putih dan benteng belgica.
WHAT TO SEE Pemandangan di pantai,Menjadi lebih tau apa yang ada di dalam museum dll.
WHAT TO BUY
1. Kerajinan Kerang Ambon
2.Menikmati Rujak di pantai
3.Aneka Olahan Ikan Khas Ambon. Dan lainnya.


1 komentar: